MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMK NU BANDAR KABUPATEN BATANG)


Yuliani Masitoh, 0102518026 (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMK NU BANDAR KABUPATEN BATANG). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan karakter menjadi landasan utama dalam mewujudkan visi pembangunan nasional dengan mewujudkan masyarakat yang berakhlaq mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan karakter dengan fokus penelitian yaitu 1) perencanaan pendidikan karakter 2) pelaksanaan pendidikan karakter 3) evaluasi pendidikan karakter. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru BK di SMK NU Bandar Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Perencanaan pendidikan karakter yang dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan sosialisasi tentang pendidikan karakter dari sekolah kepada guru mata pelajara, memasukkan nilai-nilai karakter dalam perangkat pembelajaran RPP dan RPL serta menerapkan budaya kerja industri 5R, dan membuat jadwal tata tertib dan program kerja kegiatan tahunan yang berhubungan dengan pendidikan karakter. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan dengan mengadakan sosialisasi dari pihak sekolah kepada orang tua peserta didik untuk mendukung pendidikan karakter yang ada di sekolah, menghadirkan pihak dari luar sekolah seperti TNI, Dinas Kesehatan, dan BNN untuk memberi penyuluhan meningkatkan pendidikan karakter dan menerapkan budaya kerja 5R dalam setiap pembelajaran. 3) Evaluasi pendidikan karakter yang dilakukan dengan supervisi dan evaluasi diri dari Pengawas/Dinas Pendidikan terhadap kepala sekolah, kemudian dari kepala sekolah terhadap guru ditinjau dari perangkat-perangkat pembelajaran dan didiskusikan apakah ketercapaian pendidikan karakter sudah sesuai dengan tujuan atau belum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Manajemen.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:20
Last Modified: 19 Mar 2024 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62052

Actions (login required)

View Item View Item