EVALUASI PROGRAM TEACHING FACTORY DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO


SIDIK PURNOMO, 0102518011 (2023) EVALUASI PROGRAM TEACHING FACTORY DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teaching factory adalah suatu bentuk pembelajaran yang berorientasi pada hasil/item dengan memanfaatkan kerjasama antara SMK dan perusahaan untuk menghasilkan lulusan yang cakap dan selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan bisnis. Model evaluasi CIPP dirancang secara komprehensif untuk memperbaiki suatu sistem implementasi program untuk pengambilan keputusan di masa yang akan datang. SMK Pancasila 1 Kutoarjo telah menerapkan teaching factory dalam rangka peningkatan kompetensi siswanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan guru produktif, kepala sekolah, pengelola teaching factory, kepala bidang kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) hasil evaluasi konteks pelaksanaan program pembelajaran teaching factory sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah, (2) hasil evaluasi masukan telah berjalan dengan baik, 3) hasil evaluasi evaluasi proses dalam program pembelajaran teaching factory telah berjalan dengan baik karena selama ini proses pembelajaran program telah berjalan dengan baik sesuai rencana dan tidak menemui kendala yang berarti; (3) hasil evaluasi produk dalam pelaksanaan program pembelajaran teaching factory sudah berjalan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; (1) Hasil penelitian pada aspek evaluasi konteks menunjukan bahwa pelaksanaan program teaching factory Di SMK Pancasila 1 Kutoarjo dalam kategori baik, karena sejalan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah, (2) Hasil penelitian pada aspek evaluasi input program pembelajaran teaching factory Di SMK Pancasila 1 Kutoarjo dalam kategori baik, (3) Hasil penelitian pada aspek evaluasi proses program pembelajaran teaching factory di SMK Pancasila 1 Kutoarjo dalam kategori baik, karena karena program dapat berjalan dengan lancar dan belum menemui kendala yang berarti, (4) Hasil penelitian pada aspek evaluasi produk dalam pelaksanaan program pembelajaran teaching factory Di SMK Pancasila 1 Kutoarjo dalam kategori baik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, CIPP, Teaching Factory, Pendidikan.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:05
Last Modified: 19 Mar 2024 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62050

Actions (login required)

View Item View Item