PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KADIPATEN


REGY PRASETYA, 0102518007 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KADIPATEN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kadipaten melalui motivasi kerja sebagai variabel interveningnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur sebagai analisis datanya. Sampel penelitian ini yaitu guru sebanyak 67 orang, yang berasal dari 18 Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kadipaten dan diambil menggunakan proportionated cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Data dianalisis menggunakan bantuan program SPSS 24.0 dan kalkulator Sobel Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja guru dengan nilai signifikansi < 0,05. Sedangkan pengaruh tidak langsung yang diuji menggunakan kalkulator sobel test diperoleh bahwa motivasi kerja mampu memediasi pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan nilai probability < 0,05. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu motivasi kerja mampu memediasi pengaruh variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kadipaten.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:00
Last Modified: 19 Mar 2024 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62049

Actions (login required)

View Item View Item