MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN SARANA PRASARANA PADA PROGRAM KHUSUS KELAS INTERNASIONAL (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SALATIGA)


SARI FAMULARSIH, 0101619023 (2023) MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN SARANA PRASARANA PADA PROGRAM KHUSUS KELAS INTERNASIONAL (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SALATIGA). Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of DISERTASI] PDF (DISERTASI)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan tinggi dituntut untuk mengalami penyesuaian dengan perkembangan zaman di mana para pemangku kepentigan harus bisa menyusun rancang bangun guna mempersiapkan generasi yang memiliki daya saing baik di tingkat internasional, serta mendukung pelestarian budaya nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan dan menjelaskan manajemen implementasi kurikulum dan sarana prasarana Program Khusus Kelas Internasional (KKI) di Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga saat ini dan yang berwawasan religi dan bereputasi Internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus dan peneliti melibatkan empat belas responden yang merupakan tenaga profesional di bidang masing-masing. Peneliti menggunakan observasi, kuisioner, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Kemudian, data dianalisis menggunakan analisis isi dan tematik dengan model Miles & Hubberman yang melibatkan proses kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen implementasi kurikulum dan sarana prasarana Program KKI saat ini masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini memetakan manajemen implementasi kurikulum Program KKI menjadi empat ruang lingkup; meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, dan melengkapi ruang lingkup manajemen implementasi sarana prasarana menjadi tujuh ruang lingkup; meliputi analisis kebutuhan dan perencanaan, pengadaan, inventarisas, pendistribusian dan pemanfaatan, pemeliharaan, penghapusan, pengawasan dan pertanggungjawaban/pelaporan. Manifestasi dari penelitian ini disusun dalam bentuk acuan manajemen implementasi kurikulum dan sarana prasarana Porgram KKI yang berwawasan religi dan bereputasi Internasional. Pengelola Program KKI bersama stakeholders perlu melakukan integrasi manajemen implementasi kurikulum dengan KKNI dan kurikulum Negara maju secara lebih intensif dan mendukung penerbitan SKPI. Dalam hal manajemen implementasi sarana prasarana, perlu adanya penyediaan anggaran untuk pemenuhan fasilitas seperti ruang kelas bertaraf Internasional, common room, laboratorium bahasa, dan koneksi wifi. Pengelola KKI bersama Dekanat dan Kaprodi perlu membentuk tim khusus untuk asesmen pengorganisasian kurikulum terkait kesesuaian dengan kurikulum humanistik. Pengelola KKI bersama Kabag FTIK perlu bekerja sama untuk mengajukan ke Kabag Institut dalam pemenuhan sarana prasarana agar pembelajaran bisa berlangsung secara optimal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: manajemen implementasi kurikulum, manajemen implementasi sarana prasarana, Kelas Khusus Internasional
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:54
Last Modified: 19 Mar 2024 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62048

Actions (login required)

View Item View Item