PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS METODE MONTESSORI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
SHELLY YULIA, 0101618018 (2023) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS METODE MONTESSORI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (DISERTASI)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter anak usia dini mampu membentuk pribadi anak yang selalu berusaha melakukan hal-hal terbaik bagi Tuhan, dirinya, sesama, lingkungan, bangsa dan negara. Dengan mengoptimalkan potensi (pengetahuan) dirinya disertai dengan kesadaran, emosi, dan motivasi (perasaan) serta perilakunya. Pendidikan karakter yang dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan saat ini dinilai masih kurang efektif, karena hanya menyentuh pada tingkatan pengenalan norma dan nilai-nilai, dan belum pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa para guru lebih mengutamakan pengembangan pada bidang akademik (kognitif) daripada karakter (afektif) dan terdapat kesulitan dalam menentukan standard penilaian pendidikan karakter. Tujuan penelitian adalah memberikan pedoman kepada para guru PAUD dalam melaksanakan pendidikan karakter dengan sebuah metode yang berpusat pada kebutuhan siswa dan mengukur efektivitas metode tersebut terhadap proses pembelajaran bagi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan model manajemen pendidikan karakter sesuai tema yang terdapat dalam kurikulum PAUD 2013 dengan memasukkan metode Montessori di dalam proses pembelajaran. Model pengembangan ini diuji validitas oleh para ahli dan praktisi dan selanjutnya dilakukan ujicoba di lembaga PAUD untuk mengetahui kelayakan rancangan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen pendidikan karakter berbasis Montessori yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan para guru dalam melaksanakan pendidikan karakter kepada anak-anak usia dini di PAUD, sehingga mampu membentuk karakter anak menjadi karakter mandiri, bertanggungjawab, jujur, disiplin, dan saling menghormati. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model manajemen pendidikan karakter berbasis metode Montessori memberikan kontribusi positif bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter di PAUD. Keterbatasan dari penelitian ini adalah belum tersedianya model manajemen pendidikan karakter berbasis metode Montessori yang dapat dijadikan pedoman bagi para orang tua.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Metode Montessori, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini. |
Subjects: | L Education > Educational Institutions L Education > Educational Institutions > learning facilities |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 01:48 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 01:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62047 |
Actions (login required)
View Item |