Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif pada Materi Pokok Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar di SDN Sekaran 01.

Afia Rahmadini, 4101405017 (2009) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif pada Materi Pokok Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar di SDN Sekaran 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif pada Materi Pokok Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar di SDN Sekaran 01.) - Published Version
Download (686Kb)

    Abstract

    Saat ini banyak siswa mampu menghafal dengan baik materi ajar yang diterimanya, tetapi tidak memahaminya serta tidak mampu menghubungkannya dengan penerapan pengetahuan tersebut. Salah satu upaya yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dikeluarkannya Permendiknas no. 41 tahun 2007 tentang standar proses. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah hasil pengembangan dan ketercapaian pelaksanaan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif pada materi pokok mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar di SDN Sekaran 01? Serta bagaimanakah kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan? Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan dan ketercapaian pelaksanaan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif pada materi pokok mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar di SDN Sekaran 01; mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran ditinjau dari hasil belajar, motivasi belajar, dan respon siswa, kesan guru terhadap penerapan perangkat yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development dengan menggunakan Model 4 D yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Sementara tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan mengingat terbatasnya waktu dan biaya. Adapun hasil penelitian ini adalah (1)perangkat pembelajaran berupa RPP dengan lampiran- lampirannya yang berupa LAS, LTS, prototype APM, dan setting lingkungan yang valid; (2) perangkat dapat diterapkan dengan kategori keterlaksanaan adalah terlaksana dengan baik, KBM berjalan lancar dan pembelajaran mampu memacu semua siswa untuk aktif sehingga secara empiris perangkat yang dikembangkan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran; (3) kualitas proses pembelajaran cukup tinggi hal ini ditinjau dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan kelas 88,37%, motivasi belajar 25,58% siswa tinggi dan 74,42% siswa memiliki motivasi sangat tinggi, respon siswa positif sebanyak 97,67% dan kesan guru terhadap penerapan perangkat yang dikembangkan positif sebanyak 100%. Dari pembahasan dan simpulan di atas, beberapa saran yang dapat direkomendasikan adalah (1) Untuk guru, dosen, dan mahasiswa yang akan mengembangkan perangkat pembelajaran agar lebih meningkatkan kerjasama sehingga dicapai hasil yang lebih maksimal, (2) Untuk peneliti lain yang akan mengembangkan perangkat pembelajaran hendaknya melakukan analisis yang lebih lama dan mendalam terhadap potensi lingkungan dan alat peraga manipulatif yang akan digunakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran, alat peraga manipulatif, pemanfaatan lingkungan, identifikasi sifat-sifat bangun datar, kelas V SD.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 18 Mar 2011 22:46
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:52

    Actions (login required)

    View Item