PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN WORK FAMILY CONFLICT PADA KINERJA PERAWAT DENGAN WORK ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perawat Wanita di RS Islam Muhammadiyah Roemani Kota Semarang)


Relovanio Harvenando, 7311417057 (2022) PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN WORK FAMILY CONFLICT PADA KINERJA PERAWAT DENGAN WORK ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perawat Wanita di RS Islam Muhammadiyah Roemani Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Karyawan memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam mempertahankan kinerja karyawan agar tetap produktif maka perlu memperhatikan work life balance yang dimiliki terutama karyawan wanita yang dihadapkan pada peran ganda. Karyawan wanita yang tidak dapat menyeimbangkan peran dalam bekerja dapat menimbulkan work family conflict yang mengganggu kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari work family conflict dan work life balance melalui pengaruh work engagement pada kinerja perawat wanita di RS Islam Muhammadiyah Roemani Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat wanita di RS Islam Muhammadiyah Roemani Kota Semarang. Populasi pada penelitian ini berjumlah 51 perawat wanita yang ada di RS Islam Muhammadiyah Roemani Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner offline. Metode analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif dengan teknik pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling berbasis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Work family conflict tidak berpengaruh signifikan pada kinerja. Work life balance dan work engagement berpengaruh signifikan pada kinerja. Hasil uji bootsrapping menunjukkan bahwa variabel work engagement dapat memediasi hubungan variabel work family conflict dan work life balance pada kinerja secara signifikan. Simpulan dari penelitian ini bahwa variabel work life balance dan work engagement dapat mempengaruhi kinerja perawat. Work family conflict juga dapat mempengaruhi kinerja perawat melalui mediasi dari variabel work engagement. Penelitian yang akan datang diharapkan dapat mengembangkan variabel lain yang dapat memediasi hubungan work family conflict dan work life balance pada kinerja perawat wanita, misalnya social support (dukungan sosial).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Work Family Conflict Work Life Balance, Work Engagement, Kinerja Karyawan, RS Muhammadiyah Roemani
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:23
Last Modified: 07 Feb 2024 08:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61939

Actions (login required)

View Item View Item