PENGARUH KONEKSI POLITIK DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015–2020)


Maulida Fatimah, 7311417039 (2022) PENGARUH KONEKSI POLITIK DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015–2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Politik dan bisnis merupakan dua hal yang saling berkaitan untuk saling menunjang dalam dunia bisnis atau dalam politik suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh koneksi politik dan tata kelola perusahaan terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020. Tata kelola perusahaan terdiri dari komisaris independen dan kompensasi eksekutif. Kinerja perusahaan diproksikan dengan ROA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 149 perusahaan. Analisis regresi yang digunakan yaitu regresi Analysis of Covariance (ANCOVA) yang memasukkan gabungan variabel independen kuantitatif dan kualitatif (dummy). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koneksi politik (PC) dan komisaris independen (KOMIND) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja perusahan, yang artinya koneksi politik tidak termasuk salah satu aset dan cara untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan adanya komisaris independen hanya sekedar untuk memenuhi peraturan perusahaan tanpa mengoptimalkan pengawasan kinerja manajemen. Sedangkan kompensasi eksekutif (KE) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, artinya kompensasi eksekutif yang optimal dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja perusahaan dipengaruhi oleh kompensasi eksekutif yang dianggap sebagai alat utama untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat memperluas variabel yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Bagi perusahaan perlu mempertimbangkan segala risiko yang akan terjadi apabila perusahaan terkoneksi dengan politik. Bagi investor sebagai literatur dalam menentukan keputusan investasi yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Perusahaan, Koneksi Politik, Komisaris Independen, Kompensasi Eksekutif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:13
Last Modified: 07 Feb 2024 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61937

Actions (login required)

View Item View Item