PENGARUH KEPEMIMPINAN SPIRITUAL PADA KEPUASAN HIDUP DENGAN PANGGILAN DAN KEANGGOTAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Malindo Kuliner Indonesia di Kebumen)


Riska Suranti, 7311417008 (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN SPIRITUAL PADA KEPUASAN HIDUP DENGAN PANGGILAN DAN KEANGGOTAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Malindo Kuliner Indonesia di Kebumen). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan hidup adalah evaluasi global oleh seseorang tentang kehidupan mereka sendiri termasuk pengalaman kerja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan spiritual terhadap kepuasan hidup melalui panggilan dan keanggotaan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terkait sumber daya manusia di perusahaan dan dapat menjadi sumber pengetahuan atau referensi tambahan untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan SEM PLS 3.0 untuk pengolahan datanya. Penelitian ini menggunakan data primer dan menggunakan kuesioner untuk penelitian data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 57 karyawan yang bekerja di Malindo Kuliner Indonesia yang berasal dari empat cabang Malindo Kuliner Indonesia di Kebumen. Hasil yang diperoleh adalah bahwa kepemimpinan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap panggilan, keanggotaan, dan kepuasan hidup. Sedangkan pengaruh panggilan dan keanggotaan terhadap kepuasan hidup juga positif signifikan. Hasil uji hubungan tidak langsung menunjukkan bahwa panggilan dan keanggotaan dapat memediasi antara kepemimpinan spiritual dan kepuasan hidup. Ini adalah temuan yang sejalan dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan spiritual meningkat, panggilan, keanggotaan, dan kepuasan hidup karyawan juga meningkat. Dan ketika panggilan dan keanggotaan meningkat, kepuasan hidup karyawan juga meningkat. Kepuasan hidup dapat diperoleh melalui kepemimpinan spiritual ketika perusahaan menerapkan praktik kepemimpinan spiritual akan meningkatkan panggilan dan keanggotaan dan secara tidak langsung dapat meningkatkan kepuasan hidup. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan sampel yang lebih banyak daripada penelitian ini sehingga temuannya lebih umum dan menggunakan sampel dengan latar belakang lain sebagai responden. Selanjutnya saran bagi karyawan dan perusahaan diharapkan dapat aktif melakukan apapun yang diinginkan karyawan namun mampu bagi perusahaan untuk mendukungnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Hidup, Kepemimpinan Spiritual, Panggilan, Keanggotaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:09
Last Modified: 07 Feb 2024 08:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61936

Actions (login required)

View Item View Item