Analisa Deskriptif Tentang Faktor-Faktor yang Mempengauhi Kepuasan Kerja pada Karyawan bagian Produksi PT.Apprael One Indonesia 2 Semarang


Muhammad Rizaldo Azhar, 7311416202 (2022) Analisa Deskriptif Tentang Faktor-Faktor yang Mempengauhi Kepuasan Kerja pada Karyawan bagian Produksi PT.Apprael One Indonesia 2 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan kerja merupakan suatu perasaan yang menyenangkan atau kebahagiaan yang didapatkan seseorang dari penilaian dan pengalaman kerja seseorang dari lingkungan kerjanya. Namun, kepuasan kerja yang dirasakan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan seberapa banyak aspek-aspek yang sesuai dengan seseorang tersebut. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti karakteristik pekerjaan, gaji, promosi, supervisi, dan rekan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan bagian produksi di PT. Apparel One Indonesia 2 Semarang. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu karyawan pada PT. Apparel One Indonesia 2 Semarang bagian produksi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling yang termasuk dalam katagori probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 karyawan. Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan analisis nilai indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai indeks indikator karakteristik pekerjaan, gaji, promosi, supervisi, dan rekan kerja dalam kategori sedang. Rata-rata nilai indeks tertinggi terdapat pada indikator rekan kerja dengan rata-rata sebesar 72.88. Sehingga, rekan kerja merupakan faktor yang memiliki nilai indeks paling tinggi dalam kepuasan kerja pada karyawan PT. Apparel One Indonesia 2 Semarang. Simpulan dari penelitian ini adalah karakteristik pekerjaan, gaji, promosi, supervisi, dan rekan kerja dapat meningkatkan kepuasan karyawan. Peran rekan kerja dalam memberikan dukungan dan kepedulian terhadap sesama rekan kerja merupakan sumber kepuasan yang sederhana bagi karyawan. Sehingga, rekan kerja merupakan faktor yang memiliki tingkat paling tinggi pada kepuasan kerja karyawan. Saran pada penelitian ini yaitu diharapkan karyawan tetap menjaga hubungan baik yang sudah terjalin antar sesama karyawan. Hubungan yang baik antar karyawan akan menciptakan rasa nyaman dalam melakukan pekerjaan sehingga pada saat seorang karyawan memiliki rekan kerja dan atasan yang saling mendukung dan bersahabat, maka akan meningkatkan kepuasan pada diri karyawan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:01
Last Modified: 07 Feb 2024 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61934

Actions (login required)

View Item View Item