PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA PADA KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal)


Rizki Yoga Rosyawan, 7311416177 (2022) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA PADA KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pegawai merupakan hasil atau prestasi dari kemampuan individu maupun kelompok dalam organisasi yang sesuai dengan persyaratan-persyaratan tertentu sebagai standar pekerjaan yang diberikan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan lingkungan kerja pada kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa probability sampling dengan jenis proportionate random sampling dengan jumlah sebanyak 115 pegawai. Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif presentase, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan transformasional pada kinerja pegawai dengan nilai signifikansi (0,003<0,05) sehingga H1 diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi pada kinerja pegawai dengan nilai signifikansi (0,0391 < 0,05) sehingga H2 diterima. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pegawai dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) sehingga H3 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan lingkungan kerja dapat meningkatkan kinerja pegawai. Saran dari penelitian ini yaitu kinerja pegawai dapat ditingkatkan dengan memperhatikan aspek gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan lingkungan kerja, seperti dorongan pegawai untuk berpikir kreatif guna memecahkan masalah yang timbul sehingga pegawai dapat lebih mandiri untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi. Organisasi hendaknya memberikan ruang bagi pegawai untuk aktif, reaktif, inovatif dan kerjasama serta memperhatikan sarana dan prasarana penunjang salah satuya yaitu penerangan tempat kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:49
Last Modified: 07 Feb 2024 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61931

Actions (login required)

View Item View Item