PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN PADA LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Toko Batik Bulan di Pekalongan)


Shiva Pritika Lestari, 7311416112 (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN PADA LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Toko Batik Bulan di Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap loyalitas melalui kepuasan pada konsumen toko Batik Bulan di Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 101 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan bantuan software IBM SPSS Versi 25 melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan pada loyalitas, kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas, kepuasan berpengaruh signifikan pada loyalitas, serta kepuasan mampu memediasi dengan menguatkan variabel kualitas produk dan layanan pada loyalitas. Simpulan dari penelitian ini yaitu kualitas layanan tidak berpengaruh pada loyalitas yang artinya bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh toko Batik Bulan tidak dapat mempengaruhi loyalitas. Kualitas produk dan kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas yang berarti semakin tinggi kualitas produk dan kepuasan maka akan meningkatkan loyalitas. Kualitas produk dan layanan berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan dapat diartikan bahwa semakin baik kepuasan konsumen maka akan meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap kualitas produk dan layanan sehingga dapat meningkatkan loyalitas. Saran untuk toko Batik Bulan yaitu menyamakan produk yang dijual di toko maupun di media sosial. Disarankan toko Batik Bulan untuk memberikan lebih banyak motif baru yang lebih menarik dan unik dari toko lain dan juga meningkatkan kesigapan karyawan dalam melayani setiap permintaan konsumen dengan membedakan karyawan yang bertugas di toko dengan karyawan yang bertugas mengelola akun sosial media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Loyalitas, Kepuasan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:24
Last Modified: 07 Feb 2024 07:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61927

Actions (login required)

View Item View Item