PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “LET’S – TEACH” BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi di Kabupaten Semarang Tahun 2022)


DHIMAS CAHYA PATRIEA ANUGERAH, 0602518079 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “LET’S – TEACH” BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi di Kabupaten Semarang Tahun 2022). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang sangat berpengaruh dengan gaya hidup manusia yang juga harus mengalami perkembangan serta mengikuti perkembangan tersebut. Hasil observasi dan wawancara peneliti dengan para guru PJOK SMA, pengembangan media pembelajaran PJOK SMA berbasis android sangat dibutuhkan, untuk membantu dalam kegiatan mengajar dan untuk membantu melengkapi administrasi guru. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan 10 langkah tahapan dalam penelitian, yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba, revisi produk, produksi massal. Subjek penelitian ini pada uji coba skala kecil adalah 10 guru PJOK SMA Kabupaten Semarang, sedangkan uji coba skala besar adalah 20 guru PJOK SMA Kabupaten Semarang. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif dari hasil evaluasi ahli media, ahli materi dan respon guru dalam menggunakan media pembelajaran Let’s-Teach. Data kualitatif berupa pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket untuk responden, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk aplikasi pembelajaran berbasis android untuk smartphone android pada pembelajaran PJOK K-13 SMA. Uji efektivitas produk pada skala kecil dengan skor keseluruhan adalah “sangat baik” mendapatkan persentase 91%. Uji efektifitas produk pada skala besar dengan skor keseluruhan adalah “sangat baik” mengalami peningkatan persentase sebesar 94%. Kesimpulan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran PJOK SMA berbasis android yang dapat digunakan dalam pembelajaran PJOK SMA serta untuk membantu melengkapi administrasi dari para guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:23
Last Modified: 07 Feb 2024 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61926

Actions (login required)

View Item View Item