ANALISIS MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PADA MASA PASCA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES


FIQRI AFLADA, 0602518056 (2022) ANALISIS MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PADA MASA PASCA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan ekstrakulikuler olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan di jam luar sekolah yang berguna untuk meningkatkan kualitas kesegaran jasmani siswa, karena olahraga menuntut anak bergerak dinamis dan perilaku fisik yang bagus untuk melakukannya. Tujuan penelitian ini 1) Analisis Manajemen perencanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga 2) Analisis Manajemen pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler olahraga. 3) Analisis Manajemen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga olahraga. 4) Analisis Manajemen pengawasan kegiatan ekstrakurikuler olahraga olahraga di SMP Negeri Se- Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisi deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu 1) 3 Kepala sekolah, 3 waka 3 kesiswaan, 3 pembina pelaksanaan, siswa. 2) Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri di Kecamatan Tonjong, Dilakukan pada tanggal 1-15 November 2023. 3) Dokumen, Progam latihan, SK pembagian tugas, data prestasi dan data peserta ekstraurikuler. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari 4 komponen saling berinteraksi yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, 1) Perencanaan, dalam perekrutan peserta progam ekstrakurikuler olahraga di masa pandemi masih menggunakan angket. sarana dan prasarana yang ada sudah memenuhi standar, Pelatih membuat progam latihan. dalam sistem pendanaan sumber dana yang digunakan dari dana BOS, Komite Sekolah. 2) Pengorganisasian yang dilaksanakan mempunyai struktur organisasi yang tertulis dan terstruktur termat dalam SK Pembagian tugas. 3) Pelaksanaan, ekstrakurikuler berjalan sesuai progam latihan dan progam ekstrakurikuler yang telah dibuat. Latihan semuanya sama menggunakan sistem 2 kali sesi latihan dikarenakan pembatasan kegiatan sekolah yang mengharuskan berjalannya kegiatan sekolah hanya 50%. 4) Pengawasan, kegiatan ekstrakurikuler olahraga pembina hadir dalam kegiatan progam ekstrakurikuler olahraga. Semua pelatih melaksanakan evaluasi setelah kegiatan ekstrakurikuler olahraga berakhir. Simpulan 1) Perencanaan progam ekstrakurikuler olahraga pasca pandemi sudah baik dengan adanya progam latihan 2) Pengorganisasian yang dilaksanakan sudah baik, mempunyai struktur organisasi yang tertulis dan terstruktur. 3) Pelaksanaan, ekstrakurikuler berjalan sesuai progam latihan dan progam ekstrakurikuler yang telah dibuat. 4) Pengawasan pada progam ekstrakurikuler olahraga sudah baik, pembina hadir dalam kegiatan progam ekstrakurikuler olahraga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Ekstrakurikuler dan covid 19
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:18
Last Modified: 07 Feb 2024 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61923

Actions (login required)

View Item View Item