PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM KOLOID BERBASIS PROBLEM-SOLVING TERINTEGRASI ETNOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI


ALVIN NUR ZAHRO’, 0404520018 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM KOLOID BERBASIS PROBLEM-SOLVING TERINTEGRASI ETNOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan komunikasi merupakan keterampilan abad ke -21 yang penting dibutuhkan dimasa depan. Akan tetapi keterampilan tersebut masih rendah karena kurang ditekankan pada pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dijadikan sarana meningkatkan kedua keterampilan tersebut adalah melalui e-modul. E-modul dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis problem-solving. Pembelajaran tersebut akan lebih bermakna jika materi diintegrasikan dengan etnokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul sistem kolois berbasis problem solving terintegrasi etnokimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi peserta didik. Peneltian ini dikembangkan melalui metode R&D dengan desain 4D. Hasil penelitian nilai kelayakan e-modul diperoleh sebesar 86,7% (validasi ahli) sedangkan respon peserta didik sebesar 87,4%. Nilai n-gain keterampilan berpikir kritis sebesar 0,79, sedangkan nilai n-gain keterampilan komunikasi tulisan dan lisan masing-masing sebesar 0,726 dan 0,711. Berdasarkan hasil analisis kelayakan dan nilai n-gain dapat disimpulkan bahwa e-modul hasil pengembangan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Problem-Solving, Etnokimia, Berpikir Kritis, Komunikasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:06
Last Modified: 07 Feb 2024 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61920

Actions (login required)

View Item View Item