Peningkatan Penguasaan Kosakata untuk Keterampilan Menulis Surat Undangan dengan Media Kartu Tempel pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonang Kabupaten Demak

Dyah Ningrum, 2009 (2009) Peningkatan Penguasaan Kosakata untuk Keterampilan Menulis Surat Undangan dengan Media Kartu Tempel pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonang Kabupaten Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Penguasaan Kosakata untuk Keterampilan Menulis Surat Undangan dengan Media Kartu Tempel pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonang Kabupaten Demak) - Published Version
Download (31Kb)

    Abstract

    Ningrum, Dyah. 2009. “Peningkatan Penguasaan Kosakata untuk Keterampilan Menulis Surat Undangan dengan Media Kartu Tempel pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonang Kabupaten Demak”. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Sucipto Hadi Purnomo, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II: Drs. Widodo. Kata kunci: kosakata, menulis surat undangan, kartu tempel Kosakata adalah seluruh morfem yang memuat informasi tentang makna kata dalam suatu bahasa. Kosakata memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan berbahasa. Dalam berbicara, menyimak, membaca, dan menulis, siswa selalu menggunakan perbendaharaan kata yang dimilikinya. Dalam kegiatan menulis surat undangan, pengusaan kosakata siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonang masih rendah. Masih ada kosakata yang maknanya belum diketahui oleh siswa saat pembelajaran meskipun kata-kata itu sering muncul dalam buku pelajaran yang mereka gunakan misalnya Lembar Kerja Siswa (LKS) atau buku paket. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jawa untuk keterampilan menulis surat undangan dengan media kartu tempel dan perubahan sikap siswa kelas VIII A setelah kegiatan belajar mengajar. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jawa untuk keterampilan menulis surat undangan dengan media kartu tempel dan perubahan sikap siswa kelas VIII A setelah kegiatan belajar mengajar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi konsep (1) kosakata, (2) keterampilan menulis, (3) dasar surat-menyurat dan (4) permainan kartu tempel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen tes dan nontes. Instrumen nontes menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman jurnal saat penelitian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif persentase. Hasil nilai siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bonang dari prasiklus sampai siklus II mengalami peningkatan. Hasil rata-rata kelas dari tes prasiklus sebesar 62,1. Pada siklus I hasil rata-rata kelas sebesar 77,85 dan mengalami peningkatan sebesar 15,75 dari prasiklus. Pada siklus II hasil rata-rata kelas sebesar 79,5 dan mengalami peningkatan sebesar 1,65 dari siklus I, dan hasil rata-rata kelas dari prasiklus sampai siklus II meningkat sebesar 17,4. Perilaku siswa juga semakin baik. Selain itu, siswa juga bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian di atas, Guru bahasa Jawa kelas VIII A sebaiknya menggunakan kartu tempel sebagai media pembelajaran menulis surat undangan dan siswa hendaknya bersemangat dan bersikap positif selama pembelajaran berlangsung.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kosakata, menulis surat undangan, kartu tempel
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Oct 2011 02:04
    Last Modified: 25 Oct 2011 02:04

    Actions (login required)

    View Item