PENGEMBANGAN SOAL MODEL AKM LITERASI MEMBACA DAN LITERASI NUMERASI BERBASIS FRAMEWORK PISA PADA MATERI ASAM BASA


LEGIAN SETYORINI, 0404520014 (2023) PENGEMBANGAN SOAL MODEL AKM LITERASI MEMBACA DAN LITERASI NUMERASI BERBASIS FRAMEWORK PISA PADA MATERI ASAM BASA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru Kimia di beberapa sekolah swasta di kota Semarang belum mencoba untuk membuat soal model AKM literasi membaca dan literasi numerasi berbasis framework PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes model AKM berbasis framework PISA yang terdiri atas soal literasi membaca dan literasi numerasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Teuku Umar dan SMA Don Bosko Semarang tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 102 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, validasi ahli, tes dan angket respon. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, angket validasi, soal tes, dan angket respon. Teknik analisis data meliputi validitas isi, validitas konstruk dan reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, daya beda butir soal, dan deteksi bias. Analisis data menggunakan model Rasch dengan aplikasi winstep model PCM. Rerata skor dari validator 76 dari skor total 88 masuk dalam kategori sangat valid isi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa ke 20 soal valid dan reliabel sehingga dapat digunakan. Validitas konstruk sebesar 56,9% dengan kriteria baik sekali dan unexplained variance pertama hingga kelima di bawah 10% yang berarti keseragaman instrumen dalam kategori baik. Nilai item reliability sebesar 0,98 dengan kriteria istimewa dan person reliability sebesar 0,76 dengan kriteria cukup. Dua butir soal yang tidak valid yaitu soal S3 dan S5. Tingkat kesukaran butir dibagi menjadi 4, sangat mudah (20%), mudah (35%), sulit (20%), dan sangat sulit (25%). Hasil daya beda diperoleh person strata (H) = 3 yang tergolong kategori baik dan Item strata (H) = 9 yang tergolong kategori istimewa.Tidak terdapat soal yang mengandung bias. Tingkat kemampuan peserta didik memiliki kisaran nilai logit antara -2 dan -3 serta yang tertinggi antara +1 dan +2.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: AKM, Framework PISA, Literasi membaca, Literasi Numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:01
Last Modified: 07 Feb 2024 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61919

Actions (login required)

View Item View Item