PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI BRAND AWARENESS HIJAB ZOYA SEMARANG


Ihda Azza Otsandi, 7311415187 (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI BRAND AWARENESS HIJAB ZOYA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Busana muslim dikenal sebagai pakaian yang sesuai syariat islam tak luput menarik perhatian para pebisnis untuk menciptakan dan mengembangkan busana muslim yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Social Media Marketing dan Product Innovation terhadap Purchase Decision melalui Brand Awarenes Hijab Zoya Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen hijab Zoya di Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 116 orang dengan menggunakan purposive sampling dengan pendekatan non probability sampling. Motode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis (uji t dan analisis jalur) dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel social media marketing, product innovation, dan brand awareness berpengaruh positif terhadap purchase decision. Hasil analisis jalur menghasilkan dua hasil yang berbeda diantaranya brand awareness dapat memediasi product innovation terhadap purchase decision dan brand awareness tidak dapat memediasi social media marketing terhadap purchase decision. viii Kesimpulan dari penelitian ini adalah social media marketing, product innovation, dan brand awareness mampu meningkatkan purchase decision. Namun social media marketing tidak berpengaruh terhadap brand awareness serta brand awareness tidak mampu memediasi social media marketing dan purchase decision. Hasil lain menunjukkan brand awareness dapat memediasi product innovation terhadap purchase decision. Pihak Zoya Semarang disarankan untuk meningkatkan inovasinya terus menerus, menambah konten untuk memasarkan hijab Zoya lebih jauh lagi. Kesadaran akan merek Zoya perlu ditingkatkan lagi agar konsumen dapat mempertimbangkan pembelian dengan pertimbangan merek yang ada. Untuk peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain seperti harga, brand image, brand ambassador, dan word of mouth

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Product Innovation, Purchase Decision, Brand Awareness
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:06
Last Modified: 07 Feb 2024 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61918

Actions (login required)

View Item View Item