PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI LITERASI KIMIA


Noor Rifaan, 0404520002 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI LITERASI KIMIA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hidrolisis garam merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa sehingga menimbulkan miskonsepsi. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat memudahkan siswa memahami materi kimia yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrolisis garam untuk peserta didik (2) kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrolisis garam (3) efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrolisis garam (4) respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan yang dikembangkan melalui lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian produk dilakukan oleh ahli pembelajaran dari guru kimia serta uji keterbacaan produk oleh peserta didik. Uji coba produk dilakukan oleh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Welahan Kabupaten Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrolisis garam terdiri dari ringkasan materi, simulasi, animasi, dan latihan soal yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa harus terhubung dengan internet; (2) media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrolisis garam layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran; (3) media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrolisis garam efektif digunakan untuk meningkatkan literasi kimia siswa ; (4) media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrolisis garam mendapatkan respon yang baik dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Android, Hidrolisis Garam, Literasi Kimia.
Subjects: L Education > L Education (General) > learning style
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:56
Last Modified: 07 Feb 2024 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61915

Actions (login required)

View Item View Item