PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR FISIKA MATERI FLUIDA DINAMIS BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF ICCoRe


Desy Widaningrum, 0403519019 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR FISIKA MATERI FLUIDA DINAMIS BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF ICCoRe. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kajian mengenai kegiatan asesmen perlu dilakukan agar kompetensi dan tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi materi Fluida Dinamis berbasis strategi metakognitif ICCoRe (Identification, Cognitive Assessment, Confirmation and Reflection) dan menentukan kualitas instrumen untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 3D yaitu define, design dan develop. Subjek penelitian pengembangan ini terdiri dari 56 peserta didik kelas XI SMA di Yogyakarta. Instrumen evaluasi pembelajaran fisika berbasis strategi metakognitif ICCoRe disusun menggunakan model assessment as learning dalam bentuk flip e-modul, dengan karakteristik self assessment, reflektif, mandiri, fleksibel, stimulatif, dan berbasis media digital. Validitas isi instrumen tes oleh 9 validator memberikan kesepakatan sebesar 84,44%, dan validitas model assessment as learning oleh 8 validator sebesar 91,11%, yang menunjukkan bahwa instrumen layak digunakan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Validitas empiris internal butir soal terhadap 10 butir soal uraian memberikan hasil 8 butir soal diterima pada signifikansi 5% (rxy > 0,3961) dan 2 butir soal tidak diterima. Reliabilitas instrumen dengan metode Cronbach's alpha sebesar 0,817 dan split-half sebesar 0,875 menunjukkan kriteria sangat tinggi. Analisis Effect Size Cohen’s d diperoleh nilai ES sebesar 1,23 dengan kriteria treatment yang diberikan menunjukkan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kelas eksperimen dan kontrol memperoleh skor rata-rata uji N-Gain berdasarkan pretest-posttest masing-masing sebesar 56,83%, dan 44,10%. Pemberian treatment dengan scaffolding pertanyaan problem solving berbasis metakognitif ICCoRe cukup signifikan dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah serta kegiatan evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Evaluasi, Metakognitif, Pemecahan Masalah, ICCoRe
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:51
Last Modified: 07 Feb 2024 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61914

Actions (login required)

View Item View Item