KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN GAYA BERPIKIR PADA PEMBELAJARAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED


Filian Yunita Sari, 0401521024 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN GAYA BERPIKIR PADA PEMBELAJARAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas pembelajaran model MEA berbantuan soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari AQ dan gaya berpikir. Metode yang digunakan adalah mix methods menggunakan model sequensial explanatory. Subjek penelitian berjumlah 8 peserta didik dari kelas VIII C di SMP Muhammadiyah Harjowinangun Tahun ajaran 2022/2023 dengan tipe AQ dan gaya berpikir yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran model MEA berbantuan soal open ended berkualitas terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) Subjek dengan AQ climbers dan gaya berpikir SK memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis (fluency, flexibility, dan originality); subjek dengan AQ climbers dan gaya berpikir SA mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis (fluency, flexibilty, dan originality); subjek dengan AQ campers dan gaya berpikir SK memenuhi indikator fluency dan originality; subjek dengan AQ campers dan gaya berpikir SA memenuhi semua indikator fluency, flexibility, dan originality; subjek dengan AQ campers dan gaya berpikir AK memenuhi indikator fluency dan flexibility; subjek dengan AQ campers dan gaya berpikir AA hanya memenuhi satu indikator fluency; subjek dengan AQ quitters dan gaya berpikir AK belum mampu memenuhi semua indikator baik fluency, flexibility maupun originality; sedangkan subjek dengan AQ quitters dan gaya berpikir AA hanya memenuhi satu indikator yaitu fluency.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Adversity Quotient, Gaya Berpikir, Model Means Ends Analysis, Soal Open Ended
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:35
Last Modified: 07 Feb 2024 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61909

Actions (login required)

View Item View Item