Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Pembelajaran Organisasi pad Perilaku Kerja Inovatif dengan Keterikatan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pegawai Dinas Pariwisata di Kabupaten Grobogan)


Ardi Tridian Pamungkas, 7311415166 (2022) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Pembelajaran Organisasi pad Perilaku Kerja Inovatif dengan Keterikatan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pegawai Dinas Pariwisata di Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan perilaku kerja inovatif di sektor publik melalui keterikatan kerja sebagai mediasi. Populasi penelitian ini meliputi seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) bidang pariwisata di Dinas Pariwisata Kabupaten Grobogan yang berjumlah 46 Pegawai. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sistem sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif presentase, uji pengukuran model, uji model struktural, dan uji pengaruh tidak langsung, perhitungan tersebut menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional dan pembelajaran organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan pada perilaku kerja inovatif. Selanjutnya penelitian ini menemukan bahwa peran keterikatan kerja sebagai mediasi parsial dalam memediasi kepemimpinan transformasional dan pembelajaran organisasi pada perilaku kerja inovatif. Saran bagi Dinas Pariwisata di Kabupaten Grobogan, Kepala Dinas harus lebih aktif mendorong pegawai untuk bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara memperbanyak kerja secara tim dalam kegiatan publikasi, mengadakan diskusi bersama dalam kegiatan menggali potensi kawasan wisata di daerah lain dengan protokol kesehatan. Di dalam keterbatasan penelitian ini hanya menggunakan dua variabel eksogen yaitu kepemimpinan transformasional dan pembelajaran organisasi. Diharapkan penelitian berikutnya dapat menambahkan dengan variabel eksogen lainnya supaya mendapat hasil yang lebih kompleks. Direkomendasikan penelitian mendatang untuk mempertimbangkan eksplore responden sebagai sampel dengan kriteria yang lebih luas dari semua karakteristik penelitian ini. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian pada sub sektor di sektor publik yang lebih komprehensif dalam keterkaitan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Pembelajaran Organisasi, Keterikatan Kerja, dan Perilaku Kerja Inovatif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:26
Last Modified: 19 Mar 2024 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61908

Actions (login required)

View Item View Item