PENGARUH PERSEPSI POLITIK ORGANISASI PADA KREATIVITAS KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH KNOWLEDGE HIDING (Studi pada Pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah)


Anisatul Mukaromah, 7311415104 (2022) PENGARUH PERSEPSI POLITIK ORGANISASI PADA KREATIVITAS KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH KNOWLEDGE HIDING (Studi pada Pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkembangan ekonomi yang semakin bergejolak saat ini dengan persaingan yang terus meningkat, dan perubahan teknologi yang semakin pesat membuat organisasi berbagai sektor, baik lembaga publik, pemerintah, maupun bisnis dituntut untuk mampu beradaptasi dan memiliki inovasi tinggi, yang mana salah satunya inovasi tersebut dapat berasal dari para pegawai yang kreatif, terutama untuk yang bergerak pada bidang jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi politik organisasi pada kreativitas karyawan, pengaruh persepsi politik organisasi pada knowledge hiding, pengaruh knowledge hiding pada kreativitas karyawan, dan memahami pengaruh persepsi politik organisasi pada kreativitas kerja melalui knowledge hiding sebagai mediasi. Populasi pada penelitian ini yaitu pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah yang berjumlah 111 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis path dan uji sobel menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh persepsi politik organisasi pada kreativitas karyawan signifikan. Selain itu, pengaruh persepsi politik organisasi pada knowledge hiding adalah signifikan, sedangkan untuk pengaruh knowledge hiding pada kreativitas karyawan juga terbukti signifikan. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa pengaruh persepsi politik organisasi pada kreativitas karyawan yang dimediasi oleh knowledge hiding terbukti tidak signifikan. Saran untuk penelitian selanjutnya, peneliti diharapkan dapat meneliti kembali model penelitian ini dengan mengembangkan variabel yang dapat memediasi pengaruh persepsi politik organisasi pada kreativitas karyawan, misalnya variabel kecerdasan emosi (emotional intelligence). Selain itu, juga dapat dengan menambahkan atau mengganti variabel yang tidak signifikan dengan variabel lain yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas karyawan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Persepsi Politik Organisasi, Kreativitas Karyawan, Knowledge Hiding
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:13
Last Modified: 07 Feb 2024 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61903

Actions (login required)

View Item View Item