PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SRI-KEHATI PERIODE 2017-2020


Zea Riza Sinensis, 7211418247 (2022) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SRI-KEHATI PERIODE 2017-2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability report merupakan suatu bentuk pelaporan kegiatan ekonomi, sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan atas dampak yang ditimbulkan akibat aktivitas operasional perusahaan. Sustainability report perlu dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan legitimasi masyarakat sehingga dapat menjaga keberlangsungan suatu perusahaan kedepannya. Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk menganalisis secara statistik pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan leverage terhadap pengungkapan sustainability report dengan komite audit sebagai variabel moderating pada perusahaan yang terdaftar di indeks Sri-Kehati pada tahun 2017-2020. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di indeks Sri-Kehati Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga ditemukan sampel sebanyak 32 perusahaan dengan total 84 unit analisis. Penelitian menggunakan data sekunder yaitu annual report dan sustainability report yang diperoleh melalui website resmi masing-masing perusahaan. Data penelitian diolah menggunakan analisis regresi data panel dengan model yang terpilih yaitu Fixed Effect Model (FEM) melalui software eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan variabel pertumbuhan perusahaan dan leverage berpengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report. Komite audit sebagai variabel moderating dapat memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Komite audit juga terbukti mampu memperkuat pengaruh leverage terhadap pengungkapan sustainability report. Namun komite audit sebagai variabel moderating tidak terbukti mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan diharapkan dapat melakukan pengungkapan sustainability report yang lebih luas karena dalam penelitian ini masih tergolong rendah. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengguna laporan dalam pengambilan keputusan dan sebagai acuan dalam membuat peraturan-peraturan baru mengenai sustainability report bagi perusahaan di Indonesia. Bagi penelitian selanjutnya dapat menggunakan proksi selain dalam penelitian ini, menambahkan variabel lain, dapat menambah tahun penelitian atau menggunakan sampel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage, Sustainability Report
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:05
Last Modified: 07 Feb 2024 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61900

Actions (login required)

View Item View Item