KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN SCAFFOLDING


Umi Muti’ah, 0401518077 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN SCAFFOLDING. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif memegang peran penting dalam matematika dan self-efficacy dapat menunjang keberhasilan siswa dalam proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji kualitas pembelajaran CPS dengan scaffolding, (2) Menganalisis kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari self�efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah mixed method. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Islam Al Hikmah 2. Sampel diambil dengan mengambil dua kelas secara acak untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian dipilih masing-masing 2 siswa pada kategori self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah pada kelas XI AKL 3. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan angket self-efficacy. Analisis data kuantitatif menggunakan uji t, uji proporsi, uji beda rata-rata, uji beda proporsi, uji beda rata-rata peningkatan, dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CPS dengan scaffolding berkualitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, karena pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam kategori baik. Analisis kualitatif menunjukkan bahwa siswa dengan kategori self-efficacy tinggi mampu menghasilkan ide yang yang relevan, mampu memberikan alternatif jawaban melalui cara yang beragam, mampu menuliskan penyelesaian dengan caranya sendiri, dan mampu merinci gagasan untuk mendapatkan penyelesaian masalah. Siswa dengan kategori self-efficacy sedang mampu menghasilkan ide yang yang relevan, mampu memberikan alternatif jawaban melalui cara yang beragam dan mampu merinci gagasan untuk mendapatkan penyelesaian masalah. Dan siswa dengan kategori self-efficacy rendah hanya mampu menghasilkan ide yang yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Efficacy, Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Scaffolding.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:05
Last Modified: 07 Feb 2024 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61899

Actions (login required)

View Item View Item