PENGARUH SALES GROWTH, LEVERAGE, INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN, DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)


Sitoresmi Mujiningtyas Purbo Sumekar, 7211418245 (2022) PENGARUH SALES GROWTH, LEVERAGE, INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN, DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Return saham adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan, individu, dan institusi dari hasil kebijakan investasi yang dilakukannya (Handayani & Zulyanti, 2018). Namun dalam melakukan kegiatan investasi tidak semua perusahaan dapat memberikan jumlah return saham yang besar terhadap investornya. Return saham dapat tercermin dari harga saham penutupan sehari setelah batas akhir publikasi laporan keuangan. Semakin tinggi harga saham penutupan berarti semakin tinggi pula tingkatreturn saham yang akan diperoleh. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh Sales growth, Leverage, Integritas Laporan Keuangan, Financial distress Terhadap Return Saham. Populasi dalam penelitian ini adalah 98 perusahaan sektor barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 90 perusahaan dengan 349 unit analisis. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan estimasi pemilihan model, Common Effect Model (CEM) terpilih menjadi model yang tepat untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sales growth dan financial distress berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Leverage berpengaruh negatif terhadap return saham. Dan integritas laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap return saham. Kesimpulan penelitian ini adalah sales growth dan financial distress berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan leverage berpengaruh negatif terhadap return saham. Saran bagi perusahaan diharapkan dapat memperhatikan faktor-faktor penting yang menambah return saham. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel diluar variabel yang diuji untuk memperoleh hasil yang lebih menyeluruh dan akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Return Saham, Sales growth, Leverage, Integritas Laporan Keuangan, Financial distress
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:01
Last Modified: 07 Feb 2024 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61898

Actions (login required)

View Item View Item