PENGEMBANGAN E-MODUL ARITMETIKA BERMUATAN TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR


Resa Septian Aditya, 0401518065 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL ARITMETIKA BERMUATAN TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Materi aritmetika merupakan materi yang memiliki materi prasyarat dimana menjadi dasar dalam mempelajari materi matematika lainnya yaitu operasi bilangan. Bahkan jika operasi bilangan dipandang materi dasar tetapi sifat dan konsep dalam matematika saling berkaitan sehingga siswa dituntut untuk memiliki pemahaman awal atau dasar untuk membantu menguasai keterampilan matematika. Pemahaman ini menjadi dasar untuk menguasai kemampuan matematika lainnya dimana salah satunya adalah keterampilan pemecahan masalah, yang memainkan peran penting dalam kapasitas siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam pelaksanaan pembelajaran masa kini, siswa atau pendidik banyak memanfaatkan internet untuk mencari informasi atau referensi dalam belajar tetapi pemanfaatan internet belum maksimal untuk pembelajaran. Serta tidak semua e-modul yang terdapat di internet sesuai dengan syarat e-modul yang baik dikarenakan rancangan e-modul yang kurang baik sehingga mengakibatkan pembelajaran juga kurang maksimal yang berdampak tujuan pembelajaran yang ditargetkan sulit tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi teori APOS dalam modul aritmetika sekolah saat ini dan pengembangan e-modul aritmetika sekolah bermuatan teori APOS untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah yang memenuhi kriteria valid berdasarkan ahli dan praktis dan efektif bagi penggunanya. Jenis penelitian ini adalah Design Research jenis development studies yang membagi tiga fase tahapan yaitu Preliminary research, Development or prototyping phase, dan Assessment phase. Sampel penelitian adalah siswa SD Negeri 02 Pulorejo, SMP Negeri 1 Winong, MA Darul Ma’la dan SMK Al-falah Winong. Observasi, tes, angket, dan wawancara semua digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori APOS dalam modul aritmatika yang digunakan saat ini pada tingkat cukup berimplementasi pada teori APOS, dan e-modul yang dikembangkan memenuhi syarat kualitas yaitu valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teori APOS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:59
Last Modified: 07 Feb 2024 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61897

Actions (login required)

View Item View Item