PENGARUH LONG TERM LEVERAGE, EXTRAORDINARY INCOME, CURRENT RATIO, INVENTORY TURNOVER, BUSINESS RISK TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)


Farah Dwi Rudianti, 7211418244 (2022) PENGARUH LONG TERM LEVERAGE, EXTRAORDINARY INCOME, CURRENT RATIO, INVENTORY TURNOVER, BUSINESS RISK TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Investasi merupakan upaya untuk menyisihkan sebagian kekayaannya atau penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan di masa mendatang. Menentukan keputusan investasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar, akan tetapi jenis pilihan investasi yang beragam ternyata masih belum dapat meningkatkan keputusan dan kualitas investasi bagi perusahaan. Sehingga tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh long term leverage, extraordinary income, current ratio, inventory turnover, business risk terhadap keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Populasi pada penelitian ini ialah perusahaan sektor industri konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020 sejumlah 100 perusahaan. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 35 perusahaan dengan diperoleh 105 unit analisis. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Alat analisis penelitian ini menggunakan regresi data panel melalui software eviews12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel extraordinary income, current ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Sementara itu variabel long term leverage, inventory turnover, business risk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan manufaktur sektor industri konsumsi tidak menyukai penggunaan long term leverage. Sehingga dalam penelitian selanjutnya disarankan dapat menggunakan populasi sektor perusahaan yang berbeda. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat mengembangkan teori yang berbeda yang terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi, Leverage, Extraordinary Income, Current Ratio, Inventory Turnover, Business Risk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:57
Last Modified: 07 Feb 2024 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61896

Actions (login required)

View Item View Item