KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA PEMBELAJARAN GENERATIF BERNUANSA MATHEMATICS IN CONTEXT


IIK FASTABIQUL KHOIROT, 0401517065 (2022) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA PEMBELAJARAN GENERATIF BERNUANSA MATHEMATICS IN CONTEXT. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya pembelajaran matematika sebagai bahasa simbolik tidak terlepas dari kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis efektifitas pembelajaran model pembelajaran generative bernuansa MiC, (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self efficacy pada model pembelajaran generatif bernuansa MiC Metode penelitian ini adalah metode mix method dengan desain sequential explanatory. Populasinya yaitu kelas VIII MTsN 9 Cirebon dengan mengambil dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran generative bernuansa MiC efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self efficacy, (2) rata-rata skor tertinggi pada self efficacy tinggi yaitu pada indikator mathematical expression, pada self efficacy sedang dan rendah yaitu pada indikator written text menyusun model penyelesaian, sedangkan skor terendah pada ketiga kategaori self efficacy terdapat pada indikator written text menuliskan kesimpulan dengan bahasa sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Pembelajaran Generatif, Mathematics in Context
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:49
Last Modified: 07 Feb 2024 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61892

Actions (login required)

View Item View Item