PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, LEVERAGE, DAN SALES GROWTH TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Renisa Andita Kurniasari, 7211418219 (2022) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, LEVERAGE, DAN SALES GROWTH TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (938kB) | Request a copy

Abstract

Tax avoidance dilakukan perusahaan untuk meminimalkan beban pajak suatu perusahaan dengan cara yang legal tidak melanggar peraturan perundang-undangan perpajakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh financial distress, leverage dan sales growth terhadap tax avoidance dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017 – 2021 yang berjumlah 30 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sampel akhir sebanyak 18 perusahaan dengan 90 unit analisis. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisisregresi berganda dengan software IBM SPSS Statistic 21 dan analisis Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menguji profitabilitas dalam memoderasi hubungan antara financial distress, leverage dan sales growth terhadap tax avoidance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial distress dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance. Sales growth tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh financial distress dan leverage terhadap tax avoidance. Profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh sales growth terhadap tax avoidance. Simpulan penelitian ini adalah financial distress dan leverage dapat mempengaruhi tax avoidance pada perusahaan, sedangkan sales growth tidak mempengaruhi tindakan tax avoidance pada perusahaan. Variabel profitabilitas mampu memoderasi pengaruh financial distress dan leverage terhadap tax avoidance. Profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh sales growth terhadap tax avoidance. Saran untuk penelitian selanjutnya agar menggunakan sampel penelitian perusahaan sektor lain dan menggunakan metode pengukuran tax avoidance yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress; Leverage; Sales Growth; Tax Avoidance; Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:17
Last Modified: 07 Feb 2024 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61880

Actions (login required)

View Item View Item