PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG DENGAN PERTUMBUHAN PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2020)


Rizka Fauziah Anis Marzizah, 7211418218 (2022) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG DENGAN PERTUMBUHAN PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan hutang adalah strategi perusahaan dalam memperoleh sumber pendanaan eksternal perusahaan berupa hutang untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan dan meningkatkan laba. Manajer harus hati-hati dalam melaksanakan kebijakan hutang agar bisa meminimalisir resiko yang akan ditanggung oleh perusahaan karena kebijakan hutang adalah keputusan pendanaan yang penting untuk perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang dengan pertumbuhan penjualan sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2019-2020 dengan jumlah 196 perusahaan. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 121 unit analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh negatif terhadap kebijakan utang, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kebijakan utang. Pertumbuhan penjualan tidak dapat memoderasi pengaruh likuiditas terhadap kebijakan utang, pertumbuhan penjualan tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan utang, dan pertumbuhan penjualan tidak dapat memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap kebijakan utang. Perusahaan sebaiknya memperhatikan likuiditas dan ukuran perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terkait kebijakan hutang. Investor juga memperhatikan likuiditas dan ukuran perusahaan agar tercipta keputusan investasi yang lebih optimal. Penelitian selanjutnya diharapkan menambah periode pengamatan, menambah variabel independen diluar variabel yang telah digunakan dalam penelitian ini, dan diharapkan mengganti variabel moderating karena variabel moderating partumbuhan penjualan masih punya kekurangan yaitu tidak dapat memoderasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Hutang, Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:12
Last Modified: 07 Feb 2024 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61878

Actions (login required)

View Item View Item