PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL SELODOR DAN MODIFIKASI SELODOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN KERJASAMA ANAK USIA DINI


DWITIRTA MAYASARI, 0108518004 (2022) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL SELODOR DAN MODIFIKASI SELODOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN KERJASAMA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional Selodor dan modifikasi Selodor terhadap kemampuan motorik kasar dan kerjasama anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini yaitu TK Tarbiyatul Islam NW Wanasaba sebagai kelas eksperimen yang menerapkan permainan modifikasi selodor dan TK Izzul Islam Maraqitta’limat Wanasaba sebagai kelas kontrol yang menerapkan permainan tradisional Selodor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes yaitu lembar observasi kemampuan motorik kasar dan kerjasama. Analisis data penelitian menggunakan uji prasyarat dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh permainan tradisional Selodor terhadap motorik kasar siswa, ditunjukkan dengan skor N-gain dari hasil pretest ke posttest sebesar 0,25 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (2) terdapat pengaruh permainan modifikasi Selodor terhadap motorik kasar siswa, ditunjukkan dengan skor N-gain dari hasil pretest ke posttest sebesar 0,44 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) terdapat pengaruh permainan tradisional Selodor terhadap kerjasama siswa, ditunjukkan dengan skor N-gain dari hasil pretest ke posttest sebesar 0,27 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (4) terdapat pengaruh permainan modifikasi Selodor terhadap kerjasama siswa, ditunjukkan dengan skor N�gain dari hasil pretest ke posttest sebesar 0,47 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (5) terdapat perbedaan pengaruh antara permainan tradisional Selodor dengan modifikasi Selodor terhadap motorik kasar dan kerjasama siswa, yang dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa nilai signifikansi motorik kasar siswa 0,021 < 0,05 dan nilai signifikansi kerjasama siswa 0,015 < 0,05. Saran dalam penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menerapkan permainan modifikasi Selodor sebagai media untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan kerjasama anak serta bagi sekolah agar dapat terus mengembangkan permainan tradisional daerah lainnya untuk kegiatan pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah yang hampir pudar kepada anak-anak sebagai media untuk bermain sambil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional Selodor, Modifikasi Selodor, Motorik Kasar, Kerjasama
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:12
Last Modified: 07 Feb 2024 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61877

Actions (login required)

View Item View Item