PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2016-2020)


Luluk Dayani, 7211418210 (2022) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2016-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tax Avoidance merupakan usaha perusahaan yang bersifat legal secara hukum untuk meminimalkan pembayaran pajak kepada pemerintah. Dalam hal ini perusahaan sejatinya dapat menggunakan celah dalam aturan pajak yang berlaku. Perusahaan menggunakan strategi penghindaran pajak untuk meningkatkan arus kas, tetapi hal ini akan mengakibatkan gagalnya pencapaian tujuan negara dalam upaya peningkatan pendapatan negara atau pendapatan pajak. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi terjadinya praktik penghindaran pajak yaitu Corporate Social Responsibility (CSR), Leverage, dan Profitabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh CSR, leverage, dan profitabilitas terhadap Tax Avoidance. Populasi penelitian ini yaitu seluruh perusahaan sektor pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2016 sampai 2020 berjumlah 47 perusahaan. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menghasilkan 10 perusahaan yang terpilih sebagai sampel dengan total 50 unit analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan dan menggunakan teknik dokumenter untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan uji regresi liner berganda, serta pengujian hipotesisnya menggunakan aplikasi IBM SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance, dan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan CSR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tax avoidance. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan untuk memperluas sampel penelitian sehingga tidak terbatas pada perusahaan sektor pertambangan saja akan tetapi seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sehingga hasil penelitian diharapkan memberikan hasil yang dapat digeneralisasi keseluruhan perusahaan di Indonesia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, Tax Avoidance.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:03
Last Modified: 07 Feb 2024 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61875

Actions (login required)

View Item View Item