PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL DAN ORIENTASI RELIGIUS TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS XI SMK NU BANDAR KABUPATEN BATANG


Khamdan Kurniawan, 0106518042 (2023) PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL DAN ORIENTASI RELIGIUS TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS XI SMK NU BANDAR KABUPATEN BATANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prososial adalah demonstrasi membantu yang menguntungkan orang lain tanpa memberikan keuntungan langsung kepada individu yang melakukan demonstrasi, dan mungkin dalam hal apa pun, menyiratkan pertaruhan bagi individu yang membuat perbedaan. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi adalah kemampuan interaktif dan arahan yang ketat. Keterampilan interaktif adalah aktivitas, kontemplasi, dan latihan kontrol dekat rumah yang memberdayakan anak untuk mencapai tujuan individu atau tujuan sosial, menjaga keseimbangan, dan tetap sesuai dengan iklim sosialnya. Selain itu, arahan ketat adalah perpaduan rumit antara informasi ketat, sentimen ketat, dan aktivitas ketat di dalam diri seseorang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain expost facto. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan korelasional (correlational research). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sejumlah 443 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sample, sehingga diperoleh sampel berjumlah 210 siswa. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada nilai signifikan (sig) dihasilkan 0,013 yang artinya 0,013 < 0,05 berarti keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial siswa. Selain itu nilai signifikansi (sig) dihasilkan 0,026 yang artinya 0,026 < 0,05 berarti orientasi religius berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial siswa. Selanjutnya diuji secara bersama-sama menghasilkan nilai signifikan (sig) 0,018 yang artinya 0,018 < 0,05 berarti menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keterampilan sosial dan orientasi religius terhadap perilaku prososial siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial siswa, orientasi religius berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial siswa, serta keterampilan sosial dan orientasi religius berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial siswa. Saran untuk guru BK agar mempergunakan temuan dalam penelitian ini untuk melihat kondisi keterampilan sosial, orientasi religius dan perilaku prososial siswa sehingga dapat memberikan layanan BK dengan tepat. Selain hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan temuan yang terbaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, orientasi religius, dan perilaku prososial.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:56
Last Modified: 07 Feb 2024 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61872

Actions (login required)

View Item View Item