PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Mustika Sariyati, 7211418193 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan atas dampak yang timbul akibat aktivitas operasional perusahaan. Salah satu bentuk tanggung jawab tersebut yakni dengan melakukan transparansi informasi melalui pengungkapan sustainability report yang memuat aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap pengungkapan sustainability report dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh 25 sampel perusahaan dengan 115 unit analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan likuiditas berpengaruh negatif terhadap pengungkapan sustainability report. Ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan sustainability report. Ukuran perusahaan dapat memoderasi dan memperkuat pengaruh likuiditas terhadap pengungkapan sustainability report. Simpulan dari penelitian ini adalah dari keenam hipotesis yang ada, hanya ada satu hipotesis yang diterima, yakni pengaruh likuiditas terhadap pengungkapan sustainability report yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas sampel penelitan dan menambahkan variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Sustainability Report
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:49
Last Modified: 07 Feb 2024 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61869

Actions (login required)

View Item View Item