PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA BERBASIS MOBILE PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X SMK MULTIMEDIA


Rina Puji Makrifah, 0106517042 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA BERBASIS MOBILE PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X SMK MULTIMEDIA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Instrumen yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan saat ini belum dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis khususnya materi unsur-unsur tata letak dalam desain grafis secara objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian unjuk kerja pada mata dasar desain grafis berbasis mobile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D dengan menggunakan model ADDIE. Valididtas isi oleh para ahli dianalisis menggunakan formula Aiken’s V, Reliabilitas para ahli dianalisis menggunakan koefisien alpha cronbach. Validitas konstruk dianalisis menggunakan analisis faktor eksploratori (EFA). Hasil Validitas isi menunjukkan 10 kriteria yang diukur memiliki nilai > 0,3, bahwa instrumen keterampilan yang dikembangkan valid. Hasil reliabilitas berdasarkan telaah para ahli (interrater) menunjukkan 0,617 yang artinya reliabilitas termasuk reliabilitas yang tinggi. Hasil Keiser Meyer Olkin (KMO) sebesar 0,830 dan Bartlett’s tes dengan signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa uji analisis faktor dapat dilanjutkan. Analisis faktor eksploratori menunjukkan 2 faktor yang terbentuk dari 10 kriteria yang diukur. Nilai extraction tertinggi adalah 0,740 dan nilai terendah adalah 0,522. Hal ini berarti secara keseluruhan nilai extraction berada di atas 0,5, sehingga seluruh butir kriteria penilaian dianggap cukup efektif menjelaskan faktor yang ada. Analisis kepraktisan menunjukkan data hasil rekapitulasi penilaian rater dieproleh skor rata-rata penilai 1 sebesar 0,733 dengan kriteria praktis, penilai 2 sebesar 0,75 dengan kriteria praktis, dan penilai 3 sebesar 0,6833 dengan kriteria praktis. Sedangkan penilai 4 dan 5 menilai sebagai sangat praktis dengan rata-rata skor 0,85 dan 0,8667. Instrumen penilaian unjuk kerja mata pelajaran dasar desain grafis selain valid dan reliabel juga dapat dikatakan praktis digunakan oleh guru dalam melakukan penilaian unjuk kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Penilaian Unjuk Kerja, Mobile
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:49
Last Modified: 07 Feb 2024 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61868

Actions (login required)

View Item View Item