Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Google Classroom


LAILI FITRIYANASARI, 0103519005 (2023) Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Google Classroom. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Diselenggarakannya Assesmen Kompetensi Minimal (AKM) yang dimulai pada tahun 2021, pemerintah melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa yakni literasi dan numerasi sehingga Literasi Numerasi ini perlu untuk dikuasai oleh siswa. Salah satu faktor pendukung literasi numerasi adalah gaya belajar. Dengan mengetahui gaya belajar siswa, maka pembelajaran menjadi efektif dan bermakna. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan literasi numerasi adalah model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Pada penelitian ini Discovery Learning berbantuan Google Classroom dipelajari pengaruhnya terhadap peningkatan literasi numerasi siswa kelas V SD ditinjau dari gaya belajarnya. Penelitian dilakukan dengan mixed method. Penelitian dilakukan di kelas V SDN 1 Gondosari yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google Classroom berkualitas meningkatkan literasi numerasi siswa dengan Ngain kelas eksperimen sebesar 0,5615. Berdasarkan gaya belajarnya, gaya belajar visual lebih dominan dalam hal pemahaman dan penerapan, namun cukup dominan dalam hal penalaran. Gaya belajar auditorial lebih dominan pada pemahaman, namun cukup mampu pada penerapan dan penalaran. Gaya belajar kinestetik cukup mampu dalam hal pemahaman, penerapan, dan penalaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi, Gaya Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Google Classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:43
Last Modified: 07 Feb 2024 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61864

Actions (login required)

View Item View Item