FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020


Muhammad Ali Akbar, 7211418187 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability report merupakan laporan yang berisi informasi mengenai dampak dari aktivitas perusahaan pada aspek lingkungan, ekonomi, sosial serta kontribusinya dalam pembangunan berkelanjutan. Pentingnya sustainability report didasarkan atas kebutuhan informasi stakeholder dalam menilai keberlanjutan bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, governance committee, komite audit, tipe industri, growth, dan financial distress terhadap pengungkapan sustainability report. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020 sejumlah 510 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 37 perusahaan dengan total 111 unit analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel komite audit memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report. Variabel leverage memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan variabel profitabilitas, governance committee, tipe industri, growth, dan financial distress tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah leverage dan komite audit memiliki pengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Saran bagi perusahaan diharapkan dapat meningkatkan pengungkapan item dalam sustainability report sebagai penyajian informasi yang lebih luas pada stakeholdernya karena pengungkapan sustainability report perusahaan non keuangan tahun 2018-2020 masih menunjukkan ke dalam tingkatan rendah yaitu sebesar 34,4%. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabel lain selain variabel yang telah diuji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sustainability Report, Profitabilitas, Leverage, Governance Committee, Komite Audit, Tipe Industri, Growth, Financial Distress.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:39
Last Modified: 07 Feb 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61863

Actions (login required)

View Item View Item