DETERMINAN PENGUNGKAPAN EMISI KARBON (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)


Tutit Ruddy Susanto, 7211418180 (2022) DETERMINAN PENGUNGKAPAN EMISI KARBON (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengungkapan emisi karbon merupakan salah satu upaya perusahaan untuk tetap mendapatkan legitimasi dan wujud pemenuhan keinginan pemangku kepentingan. Terdapat berbagai aspek yang menjadi faktor perusahaan dalam melakukan pengungkapan emisi karbon kepada pemangku kepentingan. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh ukuran perusahaan yang dimediasi oleh ukuran dewan komisaris, kinerja lingkungan dan kepemilikan publik. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Menggunakan unit analisis perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 sampai dengan 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang menghasilkan 108 unit analisis. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepemilikan publik. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan ukuran dewan komisaris, sementara itu ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Kemudian ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Kepemilikan publik tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap pengungkapan emisi karbon. Kepemilikan publik berpengaruh positif terhadap pengungkapan emisi karbon. Sedangkan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk merumuskan hipotesis dan menguji pengaruh tidak langsung antar variabel saat menggunakan model analisis jalur (path analysis) dan dapat menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi pengungkapan emisi karbon. Selain itu, dalam mengukur variabel, diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan pengukuran atau metode lain untuk mengukur tiap variabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Carbon Emission Disclosure, Firm Size, Good Corporate Governance, Public Ownership, Environmental Performance. Board of Commissioner.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:35
Last Modified: 07 Feb 2024 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61862

Actions (login required)

View Item View Item