MANAJEMEN STRATEGIK PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL (STUDI KASUS DI SMK BAKTI KARYA PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN)


Ade Ikbal Pauji, 0102520034 (2023) MANAJEMEN STRATEGIK PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL (STUDI KASUS DI SMK BAKTI KARYA PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi yang tepat dalam mengelola keberagaman peserta didik dalam setting pendidikan berbasis multikultural. Keberagaman masyarakat multikultural di Indonesia selain dapat dilihat sebagai salah satu kekayaan bangsa tapi juga rentan menjadi pemicu terjadinya konflik dan perpecahan. Keterkaitan antara pendidikan dan diversifikasi multikulturalisme merupakan solusi atas realitas budaya yang beragam, sehingga dapat meminimalisir terjadinya konflik yang diprakarsai oleh perbedaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada kegiatan manajemen strategis, yakni perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategik. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Bakti Karya Parigi Kabupaten Pangandaran telah mengimplementasikan pendidikan multikultural dengan baik, melalui proses perumusan strategi sekolah yang selaras dengan visi dan misi sekolah sebagai model sekolah multikultural. Proses penanaman nilai-nilai multikultural terinternalisasi dalam setiap aktifitas pembelajaran yang diselenggarakan secara harmonis tanpa diskriminasi. Evaluasi strategi dilakukan secara pendekatan struktural maupun pendekatan waktu secara integratif dan kontinyu. Hal ini menunjukkan bahwa pihak sekolah memiliki komitmen yang tingga dalam penyelenggaraan pendidikan multikultural sesuai dengan visi sekolah dengan konsep sekolah yang ramah terhadap keberagaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keberagaman, Pendidikan Multikultural, Strategi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:36
Last Modified: 07 Feb 2024 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61861

Actions (login required)

View Item View Item