PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT (Studi pada Sektor Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)


Amanda Ika Permatasari, 7211418163 (2022) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT (Studi pada Sektor Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability report adalah praktik pengukuran, pengungkapan dan upaya akuntabilitas dari kinerja organisasi dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan kepada stakeholder. Adanya kasus kerusakan lingkungan, obat-obatan kadaluarsa, serta kosmetik berbahaya menyebabkan perusahaan dirasa perlu mempublikasikan sustainability report. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh good corporate governance dan karakteristik perusahaan terhadap sustainability report. Populasi penelitian ini adalah 71 perusahaan yang didapat dari seluruh sektor konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 12 perusahaan sehingga diperoleh 48 unit analisis.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa annual report dan sustainability report. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan komite audit berpengaruh positif terhadap sustainability report. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap sustainability report. Komisaris independen, kepemilikan manajerial, profitabilitas, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap sustainability report. Simpulan dari penelitian ini yaitu komite audit berpengaruh positif terhadap sustainability report. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap sustainability report. Komisaris independen, kepemilikan manajerial, profitabilitas, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap sustainability report. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan objek penelitian yang berbeda, periode penelitian yang lebih luas, serta menggunakan variabel lain diluar variabel agar dapat melihat pengaruh variabel lain terhadap sustainability report.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sustainability Report; Good Corporate Governance; Karakteristik Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:22
Last Modified: 07 Feb 2024 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61859

Actions (login required)

View Item View Item