PENGARUH MANAJEMEN LABA, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020)


Suci Nuraeni, 7211418162 (2022) PENGARUH MANAJEMEN LABA, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penerimaan sektor pajak merupakan salah satu pemasukan terbesar negara yang dimanfaatkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Pungutan pajak ini mengurangi penghasilan perusahaan karena besarnya pajak yang dibayarkan perusahaan akan mengurangi laba perusahaan ditahun berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris pengaruh manajemen laba, kepemilikan institusional, corporate social responsibility dan capital intensity terhadap tax avoidance. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian hypothesis testing study. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017- 2020 dengan jumlah 148 perusahaan Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 perusahaan dengan unit analisis sebanyak 146 unit analisis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi berupa annual report dan financial report perusahaan manufaktur yang diperoleh dari website resmi BEI. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan model terpilih fixed effect model yang dilakukan dengan menggunakan bantuan Eviews 9. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Kepemilikan institusional dan capital intensity berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Corporate social responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, maka peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya menggunakan proksi lain untuk menghitung CSR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba; Kepemilikan Institusional; Corporate Social Responsibility; Capital Intensity; Tax Avoidance
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:14
Last Modified: 07 Feb 2024 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61857

Actions (login required)

View Item View Item