PENGARUH STRUKTUR MODAL, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Anas Tasya Givia Ratri, 7211418159 (2022) PENGARUH STRUKTUR MODAL, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia tumbuh melambat salah satunya akibat dari tingkat investasi yang lemah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yaitu dengan meningkatkan investasi sehingga kegiatan bisnisnya semakin banyak dan perusahaan semakin bersaing untuk meningkatkan nilai perusahaannya dengan berbagai strategi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh struktur modal, good corporate governance dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur dari sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020. Pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling dan sampel yang diperoleh sebanyak 22 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Model menggunakan bantuan program statistik yaitu yaitu SmartPLS 3.0. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan partial least square dan uji sobel. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa struktur modal dan CSR tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. GCG yang hanya diwakili oleh kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, struktur modal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan sedangkan GCG dan CSR tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan. Kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan sebagai variabel mediasi hanya mampu memediasi antara struktur modal terhadap nilai perusahaan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini dimana indikator GCG yang kurang mampu memberikan pengaruh dan hubungan antar variabel sehingga diharapkan untuk menggunakan indikator GCG lainnya. Selain itu, pengungkapan CSR masih sangat rendah sehingga tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Untuk itu, perusahaan diharapkan membuat program-program yang dapat meningkatkan lingkungan sekitar. Saran bagi investor diharapkan dapat mempertimbangkan indikator-indikator lainnya yang dapat memprediksi kinerja keuangan sebagai bahan analisis sebelum menanamkan modal pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Capital Structure, GCG, CSR, Company Value, Financial Performance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:56
Last Modified: 02 Feb 2024 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61845

Actions (login required)

View Item View Item