PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN RAPAT KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Nadia Sakinah, 7211418157 (2022) PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN RAPAT KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability report merupakan praktik pengukuran, pengungkapan dan akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal atas kinerja organisasi dalam mencapai tujuan penmbangunan keberlanjutan. Pengungkapan sustainability report menandakan bahwa perusahaan sadar akan dampak kegiatan operasional bisnis perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap pengungkapan sustainability report dengan rapat komite audit sebagai variabel moderasi pada perusahaan LQ45 tahun 2017-2020. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017 – 2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 perusahaan dengan 113 unit analisis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi berupa annual report dan sustainability report perusahaan LQ45 yang diperoleh dari website resmi BEI. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel denggan model terpilih Fixed Effect Model (FEM) dan Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh secara negatif terhadap pengungkapan sustainability report, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report, profitabilitas berpengaruh secara positif terhadap pengungkapan sustainability report, rapat komite audit tidak dapat memoderasi hubungan leverage terhadap pengungkapan sustainability report, rapat komite audit tidak dapat memoderasi hubungan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report, dan rapat komite audit memperlemah hubungan profitabilitas terhadap pengungkapan sustainability report. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report, maka peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan proksi lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Rapat komite audit ; Sustainability report
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:44
Last Modified: 02 Feb 2024 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61844

Actions (login required)

View Item View Item