PERAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM HUBUNGAN DEWAN WANITA, KOMITE AUDIT, DAN KOMISARIS INDEPENDENiTERHADAP AGRESIVITAS PAJAK


Dini Kurniasih, 7211418154 (2022) PERAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM HUBUNGAN DEWAN WANITA, KOMITE AUDIT, DAN KOMISARIS INDEPENDENiTERHADAP AGRESIVITAS PAJAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Agresivitas pajak merupakan tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi pengeluaran perusahaan dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Tindakan agresivitas pajak di Indonesia dapat dilakukan secara legal dan ilegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh dewan wanita, komite audit, dan komisaris independen terhadap agresivitas pajak serta peran pengendalian internal sebagai pemoderasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti, real estate, dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2015-2020 yaitu sejumlah 99 perusahaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan memperoleh 138 unit analisis. Penelitian ini menggunakan analisis regresi moderasi dengan bantuan aplikasi Eviews 9. Berdasarkan estimasi pemilihan model regresi data panel, Common Effect Model (CEM) terpillih sebagai model yang tepat untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dewan wanita berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. Komite audit dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Pengendalian internal tidak mampu memoderasi pengaruh dewan wanita, komite audit, dan komisaris independen terhadap agresivitas pajak. Keterbatasan penelitian ini adalah pengendalian internal diukur dengan menggunakan metode penilaian indeks yang memiliki unsur subjektif. Selain itu, penelitian ini belum mempertimbangkan kompensasi kerugian. Atas dasar keterbatasan tersebut, maka untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan faktor-faktor lain dan proksi lain selain yang terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agresivitas Pajak, Dewan Wanita, Komite Audit, Komisaris Independen, Pengendalian Internal.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:33
Last Modified: 02 Feb 2024 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61842

Actions (login required)

View Item View Item