PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITY, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN WOMEN ON BOARD SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Mega Syifana, 7211418147 (2022) PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITY, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN WOMEN ON BOARD SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tax avoidance merupakan tindakan perencanaan yang dilakukan perusahaan untuk meminimalkan pembayaran pajak dengan memanfaatkan celah dari peraturan perpajakan. Menurut Tax Justice Network terdapat potensi Indonesia kehilangan pajak akibat penghindaran pajak yang dilakukan korporasi dan orang pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh leverage, profitability, dan capital intensity terhadap tax avoidance serta peran women on board sebagai pemoderasi. Populasi perusahaan pada penelitian ini berupa seluruh perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 sampai 2020, yaitu sejumlah 77 perusahaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan 52 unit analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan uji selisih mutlak, dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Ver.23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, profitability berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan capital intensity tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Selanjutnya, women on board mampu memperlemah secara signifikan pengaruh profitability terhadap tax avoidance. Namun, women on board tidak mampu memoderasi secara signifikan pengaruh leverage dan capital intensity terhadap tax avoidance. Saran dari penelitian ini adalah perusahaan diharapkan meningkatkan women on board untuk mengurangi agency problem. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan unbalanced sampling untuk memaksimalkan sampel penelitian. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen lain selain yang terdapat pada penelitian ini. Selain itu penelitian selanjutnya dapat menggunakan proksi lain, menambah periode pengamatan, dan menggunakan objek penelitian dari sektor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tax Avoidance, Leverage, Profitability, Capital Intensity, Women on Board.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:18
Last Modified: 02 Feb 2024 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61838

Actions (login required)

View Item View Item