PENGUJIAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI


Arini Syafaah, 7211418134 (2022) PENGUJIAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas laporan keuangan merupakan kemampuan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dimengerti dan dapat memenuhi kebutuhan penggunanya untuk pengambilan keputusan yang terbebas dari pengertian menyimpang, kesalahan material, dan dapat diandalkan. Pada tahun 2019 dan 2020, BPK mengungkapkan 6.160 dan 6.809 permasalahan yang terdapat pada laporan keuangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan pengaruh standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian internal, dan good governance terhadap kualitas laporan keuangan serta peran kompetensi SDM dalam memoderasi hubungan tersebut. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai bidang akuntansi dan keuangan yang berjumlah 230 orang pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga memperoleh 89 pegawai akuntansi/keuangan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan presepsi pegawai yang bekerja dibidang akuntansi/keuangan dengan perwakilan dari beberapa OPD. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner kepada sampel terpilih. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan SmartPLS 3.0. Penelitian menghasilkan standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian internal, dan good governance berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Kompetensi SDM mampu memoderasi good governance terhadap kualitas laporan keuangan, namun tidak mampu memoderasi pengaruh standar akuntansi pemerintahan dan efektivitas sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan. Simpulan dalam penelitian ini yaitu rata-rata kualitas laporan keuangan Kabupaten Tegal sebesar 59,42% yang sudah tergolong sangat baik. Terdapat enam hipotesis yang diterima dan dua hipotesis ditolak. Saran untuk penelitian berikutnya yaitu dapat menambahkan variabel yang lebih beragam dan masih jarang diteliti, memperluas objek penelitian, dan jika memilih metode survei dengan menyebar kuesioner lebih baik menggunakan sistem online karena lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Laporan Keuangan; Standar Akuntansi Pemerintahan; Efektivitas Sistem Pengendalian Internal; Good Governance; Kompetensi Sumber Daya Manusia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:52
Last Modified: 02 Feb 2024 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61835

Actions (login required)

View Item View Item