PENGARUH THIN CAPITALIZATION, KARAKTER EKSEKUTIF, TRANSFER PRICING, MANAJEMEN LABA, DAN TREATY SHOPPING TERHADAP TAX AVOIDANCE


MUH ALIF NOR ROHMAN, 7211418127 (2022) PENGARUH THIN CAPITALIZATION, KARAKTER EKSEKUTIF, TRANSFER PRICING, MANAJEMEN LABA, DAN TREATY SHOPPING TERHADAP TAX AVOIDANCE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya dokumen Pandora Papers yang diungkap oleh International Consortium of Investigative Journalist (ICIJ) menyatakan 11,9 juta rekam data yang berisikan kesepakatan bisnis terkait kepemilikan perusahaan dengan tujuan tertentu (special purpose company) di negara dengan tarif pajak yang rendah untuk menghindari pembayaran pajak yang tinggi, serta laporan Tax Justice Network berisikan bahwa Indonesia diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 68,7 triliun akibat dari praktik tax avoidance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh thin capitalization, karakter eksekutif, transfer pricing, manajemen laba, dan treaty shopping terhadap tax avoidance. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021 sebanyak 128 perusahaan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang memenuhi kriteria sebanyak 24 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun sehingga diperoleh unit observasi sebanyak 120. Data outlier sejumlah 14 hingga akhirnya memperoleh jumlah unit observasi akhir sebanyak 106. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumenter. Data diperoleh dari website resmi BEI www.idx.co.id dan masing-masing sampel perusahaan. Data dianalisis menggunakan program komputer Microsoft Excel dan IMB SPSS Statistics 25. Hasil penelitian dapat membuktikan bahwa variabel manajemen laba berpengaruh positif dan karakter eksekutif berpengaruh negatif terhadap tax avoidance, sedangkan thin capitalization, transfer pricing, dan treaty shopping tidak berpengaruh. Saran bagi perusahaan multinasional diharapkan meningkatkan karakter eksekutif dan menghindari manajemen laba supaya tidak terjadi tax avoidance. Implikasi untuk penelitian yang akan datang dapat menggunakan pengukuran thin capitalization yang lain misalnya menggunakan pengukuran Debt Equity Ratio.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tax avoidance, Thin Capitalization, Karakter Eksekutif, Transfer Pricing, Manajemen Laba, Treaty Shopping.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:22
Last Modified: 02 Feb 2024 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61832

Actions (login required)

View Item View Item