PENGARUH PROFITABILITAS, TEKANAN PEMEGANG SAHAM, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN JUMLAH ANGGOTA KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Lailatul Khasanah, 7211418048 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, TEKANAN PEMEGANG SAHAM, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN JUMLAH ANGGOTA KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability Report merupakan cerminan kinerja organisasi dalam dimensi ekonomi, sosial, dan lingkungan yang dapat menjadi media bagi perusahaan untuk menginformasikan kinerja organisasinya kepada seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan kinerja tujuan pembangunan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, tekanan pemegang saham, ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report serta jumlah anggota komite audit sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua perusahaan yang masuk dalam indeks Sustainable Responsible Investment Keanekaragaman Hayati (SRI-KEHATI) tahun 2017 hingga tahun 2020 sejumlah 37 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jenis data panel dan menggunakan unbalance data memperoleh 100 unit analisis data. Penelitian ini menerapkan metode analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui analisis regresi data panel dan Moderated Regression Analysis (MRA). Data diolah menggunakan perangkat lunak Eviews 9. Model terbaik dalam riset ini adalah Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas dan tekanan pemegang saham tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Jumlah anggota komite audit tidak mampu memperkuat pengaruh profitabilitas dan tekanan pemegang saham terhadap pengungkapan sustainability report akan tetapi jumlah anggota komite audit mampu memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada penambahan variabel moderasi jumlah anggota komite audit untuk memperkuat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Selain itu Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu software Eviews 9. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks SRI-KEHATI pada tahun 2017 sampai dengan 2020.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Anggota Komite Audit, Profitabilitas, Sustainability Report, Tekanan Pemegang Saham, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:58
Last Modified: 01 Feb 2024 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61807

Actions (login required)

View Item View Item