PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Afifah Mulia Rachmah, 7211418041 (2022) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan merupakan hal penting bagi perusahaan untuk dapat bersaing di pasar ekonomi dalam jangka waktu yang lama karena nilai perusahaan yang tinggi mencerminkan citra dan kinerja yang baik yang akan meningkatkan kemakmuran para pemegang saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intellectual capital, investment opportunity set, dan leverage terhadap nilai perusahaan serta peran pertumbuhan laba dalam memoderasi hubungan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah 98 perusahaan sektor barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2021. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga menghasilkan 96 sampel perusahaan dengan 318 unit analisis. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program Eviews versi 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital dan leverage perpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Investment opportunity set tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan laba tidak mampu memoderasi intellectual capital, investment opportunity set, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Simpulan dalam penelitian ini adalah intellectual capital, investment opportunity set, dan leverage hanya mampu menjelaskan nilai perusahaan sebesar 4,8%. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk menggunakan sampel penelitian selain dari sektor barang konsumsi primer agar hasil pengujian lebih menyeluruh. Selanjutnya diharapkan untuk menambahkan variabel lain di luar variabel yang telah diuji dalam penelitian ini agar hasil pengujian lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan; Intellectual Capital; Investment Opportunity Set; Leverage; Pertumbuhan Laba
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:00
Last Modified: 01 Feb 2024 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61802

Actions (login required)

View Item View Item